Mengenal keistimewaan makanan dan minuman Tasmania

Tasmania, sekelompok pulau Australia yang indah yang dilewati Laut Selatan yang tidak tercemar, telah memenangkan penghargaan di Asia sebagai pemasok makanan yang berkualitas dan aman. Juru masak terkenal dan penulis buku kuliner Kylie Kwong mengandalkan bahan pangan dari Tasmania yang diolah menjadi berbagai masakan lezat di restorannya. “Saya suka Tasmania … Saya suka hasil bumi Tasmania. Saya menggunakan hasil bumi Tasmania di restoran Billy Kwong milik kami di Sydney.”

Lebih dari seperempat dari total lahan di Tasmania seluas 68.300 km persegi (lebih besar dari setengah Pulau Jawa) digunakan untuk produksi pangan. Sementara itu, garis pantai Tasmania sepanjang 3.200 km sangat ideal untuk menangkap atau memelihara makanan hasil laut berkualitas tinggi.

Ketika Tasmania terpilih sebagai pusat promosi Restaurant Australia di tahun 2014, kepala Pariwisata Australia, John O'Sullivan, menggambarkan negara bagian ini sebagai "sentra makanan dan anggur yang sedang berkembang."

Keistimewaan musim

Tasmania, kelompok pulau Australia beriklim sedang, memiliki posisi ideal untuk memasok makanan segar dari kawasan beriklim sedang ke Indonesia saat pasokan dari belahan bumi utara tidak tersedia. Saat musim dingin menerpa belahan utara, Tasmania justru menikmati musim panas. Musim di mana tanaman pangan berada pada kondisi terbaik untuk dipanen, serta siap untuk diekspor.

Irigasi

Proyek irigasi berskala besar yang dijalankan baru-baru ini telah memperluas lahan pertanian. Infrastruktur yang baru ini melindungi petani dari kekeringan dan membuka jalan untuk diversifikasi pertanian di wilayah-wilayah yang lebih kering.

“Sebagai pencinta makanan yang menyukai rasa alami, saya tahu bahwa saya telah menemukan surga”

Tetsuya Wakuda pada kunjungan pertamanya ke Tasmania pada tahun 1990.

Iklim dan tanah yang ideal

Tasmania memiliki iklim tanam yang cukup ideal dan tanah yang paling subur di dunia. Curah hujan berlimpah di wilayah tanam tradisional.

Tidak ada risiko genetik

Pemerintah Tasmania telah melakukan penundaan terhadap produksi komersial dari pertanian yang dimodifikasi secara genetika, sekurang-kurangnya selama lima tahun. Hormon dan antibiotik tidak digunakan untuk mendorong pertumbuhan ternak – kabar baik bagi konsumen Indonesia yang sadar akan kesehatan.

Biosekuriti yang unik

Kekhawatiran terbaru akan keamanan pangan di daerah perkotaan yang semakin tercemar menjadikan Tasmania sebagai pusat perhatian karena udaranya yang terkenal bersih, pasokan air bersih yang melimpah, dan bebas dari berbagai hama serta penyakit dunia luar. Tasmania telah dinyatakan secara resmi bebas dari lalat buah Mediterania. Belum lama ini, produsen buah beri dari Eropa memutuskan berinvestasi di Tasmania karena “biosekuritinya paling unik di dunia.”

Penggunaan bahan kimia yang rendah

Petani Tasmania tidak perlu menggunakan banyak bahan kimia yang secara rutin diterapkan pada tanaman pangan di wilayah lain. Hal ini membuat makanan dari Tasmania lebih alami dan sehat.

Metode modern

Orang-orang yang bekerja di bidang pertanian di Tasmania bangga akan metode produksi, pengemasan, dan pemasaran yang mutakhir. Inovasi industri primer didukung oleh Institut Pertanian Tasmania dan para pakar dari sektor swasta.

Data pertanian digital

Sense-T menggunakan data waktu nyata (real-time) dari sensor, serta data spasial dan historis, untuk membangun pemetaan digital dari seluruh negara bagian yang dapat diakses melalui internet. Sensor yang digunakan meliputi “ransel” kecil yang dibawa mengelilingi lingkungan oleh lebah. Sense-T memang unik dan mengubah cara orang Tasmania mengelola produksi pangan mereka.

Kaya rasa dan aman

Ketika Anda membeli produk makanan Tasmania, Anda tahu Anda membeli makanan dan minuman.

Food and Beverage Tasmania brochure

Unduh brosur kami

atau hubungi kami jika Anda ingin cetakan brosur dikirim lewat pos ke tempat Anda

Pilihan makanan Baca selengkapnya

Rentang produk terus menerus didiversifikasi. Petani mengambil peluang untuk menanam tanaman baru sedangkan akuakultur menyelidiki spesies baru serta menanggapi perubahan dalam permintaan pasar. Tasmania mencari cara baru untuk memberi nilai tambah pada berbagai tanaman baru. Bahan baku kelas dunia telah menarik para juru masak terkenal yang kreatif dan bersemangat untuk berkolaborasi dalam mengembangkan masakan khas Tasmania. Berbagai acara dunia tata boga seperti Taste of Tasmania dan Festivale menarik para pengunjung pecinta makanan dari seluruh Australia dan seluruh dunia, yang kemudian membantu menciptakan budaya makanan yang unik.

Daging

Sapi dan ternak lain, termasuk lembu Jepang, menghasilkan daging sapi lembut terbaik, yang sebagian besar diberi makan rumput. Daging domba, daging rusa, daging walabi, daging babi dan daging lainnya juga lezat – dan aman. Daging-daging ini mengisi ceruk pasar di seluruh dunia bagi mereka yang lebih memilih kualitas daripada harga. Tidak mengherankan, toko-toko makanan enak di Tasmania menawarkan produk daging canggih, sosis terbaik dan pastry yang enak.

Susu

Industri susu berkembang karena curah hujan yang cukup, padang rumput yang sangat baik, ternak berkualitas dan kreativitas manusianya. Tasmania dapat memasok rangkaian produk susu lengkap, meliputi lebih dari 100 macam keju mewah yang kebanyakan telah mendapatkan penghargaan-penghargaan di industri susu di Australia. Susu bubuk dan susu formula dari Tasmania adalah salah satu yang paling aman di dunia.

Sayuran

Tasmania memasok sekitar 25 persen dari ekspor sayuran Australia. Kentang, bawang dan wortel adalah tanaman utama, namun usaha pertaniannya beragam dan terus didiversifikasi. Gerst, terigu, dan gandum adalah biji-bijian yang paling penting. Para petani cepat beradaptasi dan memanfaatkan kesempatan menanam tanaman baru termasuk soba (gandum hitam), wasabi dan ginseng. Tasmania telah menemukan cara baru untuk menambah nilai wasabi dan produk lainnya yang ditanam di sana. Jamur hitam bawah tanah dari Tasmania telah diekspor ke Perancis dan Asia.

Makanan laut

Tasmania terkenal dengan makanan laut yang baik. Pendapatan dari sektor ini melebihi pendapatan negara bagian Australia lainnya di sektor yang sama.

“Trout laut Tasmania adalah trout laut yang dibudidayakan secara berkelanjutan; murni dan sempurna”

– Kylie Kwong, juru masak dan penulis terkenal

Produk makanan laut Tasmania meliputi salmon segar dan asap, abalone berukuran besar dan kecil, lobster karang berdaging manis, trout laut, tiram, kerang biru, kerang kampak, belut asap, telur salmon, telur landak laut, siput raksasa, kepiting raksasa Tasmania, teripang, gurita dan cumi-cumi. Kerang kepah dan rumput laut undaria yang bisa dimakan merupakan produk butik. Hasil tangkapan laut meliputi tuna sirip biru dan sirip kuning, mata biru (trevalla), grenadier biru, ling merah muda dan lain-lain.

Kesinambungan

Stok ikan liar dilindungi oleh kuota bila diperlukan. Lobster karang kulit merah yang lezat saat ini dilindungi melalui sistem kuota, batas ukuran, dan penutupan musiman. Sebagian besar lobster karang dari Tasmania diekspor ke Asia.

Sektor salmon Atlantik yang tumbuh pesat melampaui total nilai dari seluruh industri perikanan lainnya terjadi untuk pertama kalinya di tahun 2007 dan masih terus tumbuh pesat. Tasmania berkomitmen terhadap praktik akuakultur berkelanjutan dan merupakan pemimpin dunia dalam berbagai aspek budidaya ikan.

Akuakultur

Tasmania telah mengembangkan metode penanganan akuakultur kelas dunia; sistem jaminan kualitas dan transportasi yang canggih; serta memiliki dukungan penelitian yang sangat baik. salmon Atlantik, trout laut, tiram Pasifik dan kerang biru merupakan bisnis besar di industri akuakultur Tasmania.

Abalone liar

Tasmania merupakan pemasok abalone liar terbesar dunia yang menghasilkan 25 persen dari total produksi global. Tidak ada masalah polusi di perairan Tasmania dan penangkapan abalone yang berlebihan merupakan praktek yang dihindari. Abalone besar bibir hitam dan bibir hijau dipanen dari perairan jernih dan dingin oleh para penyelam, sementara sektor akuakultur yang sedang tumbuh memasok abalone ukuran kecil. Abalone merupakan spesies paling berharga berikutnya setelah salmon; diikuti oleh lobster karang dan kepiting raksasa Tasmania; tiram Pasifik; kerang biru; gurita dan cumi-cumi.

“Sepotong keju bercorak biru yang disiram dengan madu leatherwood menjadi makanan penutup sederhana namun luhur yang menyampaikan kemurnian cita rasa lebih baik daripada kata-kata yang saya temukan di Tasmania”

– Tetsuya Wakuda

Madu

Madu leatherwood yang wangi dan kaya rasa yang dikumpulkan di hutan hujan beriklim sedang menarik banyak penggemar di seluruh dunia. Salah satu produsen besar telah mencapai sertifikasi organik. Di Tasmania, madu padang rumput banyak tersedia, juga madu dari semak manuka yang terkenal akan khasiatnya sebagai obat.

Tutup

Minuman Baca selengkapnya

Karena lokasi mereka di Laut Selatan yang masih murni, Tasmania memiliki air hujan terbersih di dunia yang dibotolkan dan dijual ke seluruh dunia. Air yang sangat baik ini merupakan bahan baku dari serangkaian minuman mewah yang telah memenangkan berbagai penghargaan internasional. Apakah pilihan Anda anggur iklim dingin, wiski single malt kelas dunia, bir yang dibuat dengan apik, cider atau minuman buah, iklim sedang yang menyegarkan, ada bisnis di Tasmania yang akan dengan senang hati memenuhi – dan melampaui – kebutuhan Anda.

“Saya hanya memetakan negara-negara produsen wiski besar di dunia. Dan Tasmania sampai ke tahap di mana daerah ini benar-benar layak memiliki peta sendiri!”

Jim Murray, penulis the Whisky Bible.

Wiski

Dunia wiski diguncang pada tahun 2014 ketika wiski single malt Tasmania dinobatkan sebagai wiski terbaik dunia pada acara World Whisky Awards di London. Empat perusahaan penyulingan wiski Tasmania telah memenangkan status Liquid Gold dalam Whisky Bible. Tasmania telah mengekspor wiski ke Skotlandia; telah menunjukkan cara terbaik kepada orang Skotlandia untuk membangun penyulingan butik di Skotlandia dan telah memenangkan berbagai penghargaan internasional. Industri yang didirikan pada tahun 1993 ini didasarkan pada butik, penyulingan langsung, peragian gandum bermutu tinggi, serta air dan gambut lokal yang sangat baik.

Minuman keras lainnya

Pabrik-pabrik penyulingan Tasmania juga menghasilkan gin, rum, likeur dan vodka yang telah memenangkan penghargaan dalam sebuah acara internasional di Amerika Serikat.

Anggur

Tasmania menghasilkan anggur soda terbaik di belahan bumi selatan. Tasmania merupakan kawasan penghasil anggur tertua di Australia dan tak tertandingi dalam kualitas anggur iklim dingin, terutama anggur soda dan pinot noir.

Chardonnay dan riesling adalah varietas putih yang paling banyak ditanam dan chardonnay Tasmania telah memenangkan penghargaan terbaik dunia. Industri anggur, yang sebagian besar merupakan industri rakyat, telah dibangun di atas cita rasa dan karakter varietas anggur meja yang lembut yang terus berkembang dalam beberapa dekade terakhir. Ada 230 kebun anggur yang beroperasi pada tahun 2013 dengan total wilayah pendukung seluas 1.400 ha. Panen anggur terbesar di Tasmania tercatat pada tahun 2013 sebanyak 11.392 ton.

Anggur Tasmania terbuat dari buah anggur yang tumbuh dalam iklim yang mirip dengan iklim wilayah anggur terkenal di Eropa – dengan musim panas bersuhu sedang dan musim gugur panjang yang mematangkan buah anggur untuk memberikan keanggunan alami dan intensitas rasa.

Harga yang dibayar oleh para produsen anggur untuk buah anggur iklim dingin Tasmania, khususnya pinot noir dan chardonnay yang digunakan dalam anggur soda, adalah yang paling tinggi di Australia. Petani lokal menjual semua produksi mereka, bahkan di saat buah anggur nasional melimpah. Tidak mengherankan bahwa industri ini telah menarik investasi dari wilayah Australia lainnya, serta dari Swiss, Cina, Amerika Serikat, Perancis, dan Belgia.

Bir

Dengan biang bir kelas dunia, gerst lokal yang unggul dan air yang murni, telah mendorong penduduk Tasmania untuk berlatih dan terus meningkatkan cara pembuatan bir. Produsen bir lokal menempati posisi strategis di pasar bir premium Australia dan salah satu bir dari Tasmania bisa mengklaim sebagai bir yang paling banyak mendapat penghargaan dalam sejarah pembuatan bir Australia. Selain dua pabrik besar, Cascade dan James Boag & Sons, terdapat banyak produsen bir butik lainnya.

“Jika Tasmania menghasilkan berbagai jenis anggur yang sangat biasa, saya telah gagal untuk menemukannya”

– Jancis Robinson, pakar anggur dunia

Cider dan minuman buah

Tasmania yang dulu dikenal karena ekspor apel segarnya kini terkenal karena cider berkualitas tinggi, termasuk cider organik dan cider pir. Cascade adalah produsen skala besar dan banyak bisnis butik bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Tasmania juga memproduksi anggur buah, jus, minuman ringan dan racikan berkualitas.

Air

Awan hujan yang bergerak terus-menerus dari barat menuju Tasmania berisi air yang luar biasa murni. Awan dibawa melintasi wilayah yang dikenal sebagai Roaring Forties, yang terletak di selatan daratan, sebelum bertemu pegunungan barat Tasmania dan menumpahkan kelembapannya yang berharga. Air yang luar biasa ini adalah bahan baku untuk industri air hujan dan air mineral yang tumbuh pesat. Cloud Juice dari King Island dikirim ke Eropa, sementara bisnis lainnya memasok kebutuhan pasar domestik dan internasional.

Tutup